Diet sehat untuk para remaja

Memiliki badan gemuk di kalangan remaja terutama remaja cewek adalah hal yang sangat tidak di inginkan tanya kenapa ? Karena remaja cewek memiliki unsur yang tidak dimiliki oleh  para cowok yaitu ketelitian. Makanya banyak para cewek bekerja sebagai sekretaris dan dibagian yang berhubungan dengan hitung-menghitung. Nah tentu nya hal tersebut tidak ketinggalan dengan menjaga penampilan nya sendiri misalkan dari mulai pakaian,make up hingga bentuk tubuh ideal  gak PD kan kalau menjadi sekertaris tapi mempunyai bentuk tubuh yang gemuk .

diet sehat untuk para remajaNamun remaja sekarang sering mengalamin masalah dalam dua hal berikut ini yakni rupa wajah (udah nasib pd aja kalau yang ini ) dan yang kedua kegemukan. Bagian rupa wajah tentu nya masih bisa di make up menjadi cantik dan cute namun jika masalah dengan kegemukan ini yang menjadi masalah besar bagi kaum hawa.

Kegemukan tidak hanya membaut penampilan menjadi jelek namun kesehatan pun dapat terganggu seperti gangguan jantung dan obesitas. Nah makanya banyak para remaja cewek melakukan yang nama nya diet agar kegemukan tidak akan terjadi atau dari yang sudah gemuk ingin diet dan langsing.  nah berikut ini adalah cara-cara diet untuk para remaja seperti yang di lansir di dietik.com sebagai berikut :

1. Mengontrol kebiasaan
Remaja seringkali melupakan kebiasaan baik dan menggantinya dengan pola baru yang dianggap bisa menurunkan berat badan, seperti melewatkan makan, konsumsi minuman olahraga, membiarkan tubuh puasa untuk waktu lama dan terlalu keras berolahraga.

Untuk itu orang tua perlu mengontrol kebiasaan yang dilakukan remajanya dengan memastikan konsumsi makanan yang cukup secara berkala, minum air putih yang banyak dan hindari minuman manis, soda atau cemilan tak sehat lainnya.

2. Biasakan membaca label makanan
Remaja dapat mengontrol asupan kalori dengan kebiasaan sederhana yaitu membaca label makanan, sehingga menghindari makanan yang berisi kalori kosong tanpa nutrisi. Para ahli kesehatan mengatakan remaja harus mengonsumsi sekitar 2.000 kalori per hari, serta hindari makanan yang dipanggang, digoreng dan susu full cream saat diet.

3. Minum air yang cukup
Air putih adalah cairan yang harus dikonsumsi dengan cukup agar tubuh bisa bekerja optimal. Selain itu minum air putih yang cukup turut membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh dan meningkatkan laju metabolisme. Pada akhirnya, metabolisme yang meningkatkan ini ikut membantu proses penurunan berat badan.

4. Jangan lupakan sarapan
Sarapan adalah bagian penting karena meningkatkan laju metabolisme dan membuat seseorang tetap aktif sepanjang hari. Studi menunjukkan orang yang sarapan akan lebih banyak menurunkan berat badan ketimbang yang tidak. Cobalah mengonsumsi serat dan protein, seperti sereal, susu, telur dan sandwich dengan roti gandum.

5. Mengontrol porsi makan
Langkah terakhir untuk mewujudkan makan sehat adalah mengontrol porsi makannya, karena mengontrol porsi makan juga turut membatasi asupan kalori yang masuk sehingga tidak berlebih dan menumpuk jadi lemak.

6. Biasakan makan di rumah
Remaja cenderung lebih suka makan di luar yang meningkatkan kemungkinan asupan kalori lebih banyak. Jadi cobalah lebih sering makan di rumah dan membatasi makan di luar sehingga asupan kalori terkontrol, lalu lihat perbedaannya dalam beberapa hari.

7. Olahraga
Para ahli menyarankan lakukan aktivitas fisik selama 1 jam sehari-hari cukup membantu remaja mencapai berat badan yang diinginkannya. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain berenang, menari, sepeda, berjalan atau lari.

Nah segiu aja dulu yang tips diet buat remaja dari saya ini tidak hanya buat para cewek loh ini juga berlaku untuk para cowok semogga berhasil dan selamat menjalakan diet yang sehat ya.

Tips Sehat Berbuka Puasa

tips sehat berbuka puasa Bulan puasa sebentar lagi memilih menu makanan yang tepat saat berbuka  puasa sangat penting untuk menjaga tubuh tetap kuat dan sehat. masih ada sebagian orang yang lebih memilih junk food untuk menu berbuka, bahkan ada yang rakus untuk memenuhi perut dengan berbagai jenis hidangan sebagai bentuk balas dendam karena seharian berpuasa. Perilaku pertama membahayakan tubuh bahkan kerugian yang ditimbulkan dari junk food lebih besar ketimbang manfaatnya. Sementara tindakan yang kedua juga menimbulkan kerusakan bagi jiwa dan raga

Oleh karena itu menjadi penting untuk memilih menu makanan yang tepat bagi tubuh dan memastikan bahwa kita tidak terjebak dalam over dosis makanan saat berbuka puasa.

Tips Sehat Berbuka saat Puasa

Berikut ini adalah tips sehat berbuka puasa seperti yang di lansir di productivemuslim.com. 

1) Berbukalah dengan Kurma dan segelas Air

Kurma adalah buah yang luar biasa, karena didalamnya terkandung konsentrat gula dan beragam jenis nutrisi. Namun yang paling terpenting dari mengkonsumsi kurma saat berbuka adalah dalam rangka meneladani perbuatan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.

Salman bin Amir Radhiallahu anhu bercerita bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda: jika salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada maka minumlah air putih karena air putih itu membersihkan. (HR At Tirmidzi)

2) Mengkonsumsi Makanan yang mengandung Karbohidrat Kompleks

Biji-bijian, sereal atau makanan yang serupa menyediakan kalori dan gula yang sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. Siapkanlah roti, sayuran dan daging untuk membuat roti isi yang mudah dihidangkan. Roti isi yang terdiri dari sayuran dan daging mengandung cukup nutrisi, beragam vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

3) Jangan berlebihan ketika berbuka,

Saluran pencernaan membutuhkan waktu untuk memproses makanan setelah mengalami kekurangan kalori akibat seharian penuh berpuasa. Oleh karena itu jangan berlebihan ketika berbuka. Berbuka puasa secara berlebihan dapat menyebabkan permasalahan lambung. Makanan dalam jumlah besar yang masuk secara tiba-tiba kedalam lambung akan memaksanya memproduksi beragam enzim dalam satu waktu sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu perlahanlah saat memakan dan kunyahlah makanan secara proporsional. Terlebih makan berlebihan tidak sesuai dengan adab islami

4) Meminum dan mengkonsumsi lebih banyak cairan

Minumlah air dengan jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air akan membantu ekskresi racun dan membantu pencernaan. Selain itu, jus buah segar adalah sumber gula, vitamin dan mineral. Anda juga dapat mengkonsumsi sup ayam atau semur, ini kaya protein, yang membantu dalam membangun jaringan atau massa otot dan mencegah tubuh dari mendapatkan kelelahan dengan mudah. Sup juga merupakan sumber nutrisi yang baik dan elektrolit yang membantu mencegah kelelahan dan dehidrasi.

5) Hindari makanan berminyak/gorengan

Makanan berminyak akan memakan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat Anda merasa kenyang, tapi sebenarnya tidak memberikan nutrisi yang cukup. Makanan-makanan tersebut bukanlah pilihan yang ideal untuk berbuka (atau secara umum). Meskipun demikian, kalau memang diharuskan, tidak mengapa memakannya sedikit saja ketika makan malam.

6) Segerakan berbuka

Ini bukan saran tentang menu berbuka Anda, tapi saran mengenai kapan Anda berbuka. Berbuka di waktu yang tepat adalah aspek penting dalam Ramadhan, karena menundanya tanpa keperluan, adalah tidak disarankan.

Sahl bin Sa’ad -radhiyallahu ‘anhu- meriwayatkan bahwa Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Orang-orang akan terus berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” [HR Al Bukhari dan Muslim]

7) Berbagi makanan untuk berbuka puasa

Anda bisa menambah pahala dengan menyediakan makanan berbuka bagi tetangga, dan muslim lain yang membutuhkan.
Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Siapa yang menyediakan makanan berbuka bagi orang lain, maka baginya pahala puasa orang yang diberikannnya makanan tersebut, tanpa mengurangi pahala orang itu sedikitpun. [HR At Tirmidzi]

Menjalankan puasa saat bulan Ramadhan akan memberi kita banyak kesempatan untuk mengendalikan diri, kedisiplinan hati dan jiwa, menjadikan kita semakin taat kepada Allah Ta’ala. Ini juga merupakan saat untuk menjaga dan mendisiplinkan tubuh kita. Pesan yang mau saya sampaikan dalam artikel ini supaya kita menghindari sifat rakus disaat berbuka puasa kerena rakus adalah perbuatan setan, dan memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang tepat dan asupan yang tepat pula untuk mencegah dehidrasi, kehausan, kelelahan, dan ketidaknyamanan setelah berpuasa seharian.

Demikianlah semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda selamat menjalankan puasa Ramadhan.

Penyebab gagalnya program diet

menu untuk diet sehat Diet demi mendapat berat badan ideal bukan berarti harus menahan lapar. Sayangnya, cara diet yang salah masih banyak dilakukan oleh masyarakat umum. Hasilnya, diet lebih sering berantakan malah ada yang mengakibatkan sakit.

Keberhasilan dalam diet ditandai dengan menjadi idelanya berat badan dan menjadi lebih sehat dibanding sebelumnya. Berikut di bawah ini adalah empat kesalahan mendasar saat diet yang masih sering dilakukan.

1. Menahan lapar

Pola diet konvensional ini sudah tidak layak lagi diikuti. Faktanya, jika tidak mendapat asupan nutrisi yang sehat, tingkat energi menurun dan metabolisme tubuh akan melambat. Metabolisme adalah proses perubahan makanan menjadi energi. Pola ini diikuti pembakaran lemak yang juga ikut melambat. Akibatnya lemak tidak cepat terbakar dan tubuh tetap gemuk.

Diet yang benar mengharuskan makan lebih sering. Orang yang sedang berdiet harus makan 3-6 kali sehari, yang terdiri atas tiga kali makan wajib dan tiga kali selingan. Tentunya dengan menu yang rendah karbohidrat dan tinggi protein.

Makan lebih sering akan mencegah perut merasa lapar. Rasa lapar yang diminimalisir akan menghindarkan kita dari makan porsi besar.

2. Tidak sarapan

Saat diet tubuh sangat membutuhkan sarapan. Asupan ini penting setelah tubuh berpuasa selama delapan jam saat tidur. Sarapan sangat penting sebagai cadangan energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Ketika tidak sarapan, tubuh akan mengalami efek katabolik. Efek ini adalah proses pemecahan gula otot (glikogen) menjadi energi. Efeknya, orang yang tidak sarapan akan merasa lemas, pusing, dan susah konsentrasi.

3. Tidak makan malam

Menjelang tidur, tubuh tetap perlu asupan makanan. Namun tentu saja bukan makanan yang tinggi karbohidrat. Tubuh perlu asupan tinggi protein untuk menjadi hormon pertumbuhan bekerja maksimal. Hormon ini akan membantu tubuh memperbaiki diri dengan meregenerasi sel yang rusak.

Hidangan kaya protein sebaiknya dikonsumsi 2-3 jam sebelum tidur. Kalaupun harus mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat, usahakan 4 jam sebelum tidur.

4. Tidak olahraga

Diet dan olahraga adalah paket komplit yang tidak bisa dipisah. Olahraga akan memacu metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Lemak yang terbuang akan membantu tubuh mencapai berat ideal.

Saat tidak berolahraga tubuh menyimpan kalori yang tidak terpakai. Kalori ini menjadi lemak yang dapat menambah berat badan. Akibatnya, impian berat badan ideal makin jauh dari kenyataan.

itulah hal-hal yang peru di jauhi saat anda sedang menjalankan diet sehat semoga berhasil.

7 Penyebab Diet Gagal

penyebab diet gagal

Saat memulai diet, banyak yang berupaya untuk menghindari makan ini dan itu. ada juga yang berusahan mengurangi porsi makan, menahan lapar dan olahraga. Akan tetapi seringkali mereka menghentikan program mereka karena tidak melihat berat badannya tak kunjung berkurang. Namun apakah anda pernah mencari solusi mengapa berat badan anda tidak kunung menurun ? dan apa solusinya ? mungkin arikel ini dapat membantu anda, Berikut adalah hal-hal yang mengakibatkan anda gagal menjalankan diet.

Hal-hal penyebab diet gagal

1. Terlalu keras dengan diri sendiri
Jika terbiasa memakan makanan cepat saji dan makanan manis, lalu ketika diet Anda hanya makan sayuran dan buah, tubuh akan sulit beradaptasi. Perubahan mendadak ini biasanya tidak berakhir baik. Anda boleh memanjakan diri sesekali selama diet selama tidak berlebihan. Jika merasa lapar, hampir tidak mungkin Anda bisa menahan diri untuk tidak makan makanan yang biasa Anda makan. Diet harus diterapkan perlahan tapi pasti, tidak dadakan.

2. Tidak mencatat kemajuan
Jika tidak mencatat kemajuan, Anda tentu tidak akan tahu jumlah berat badan yang sudah turun. Hal ini bisa mematahkan semangat bagi kebanyakan orang. Akhirnya, Anda tak bisa mengukur kemajuan diet (atau melihat ada kemajuan atau tidak) jika tidak mencatat usaha diet Anda.

3. Fokus hanya pada diet
Pada banyak kasus, diet sendiri tidak akan membantu Anda mengurangi berat badan. Atau bisa dikatakan diet tidak bisa mengurangi berat badan dengan signifikan. Jika Anda memiliki tujuan untuk mengurangi berat badan, maka diet yang Anda lakukan harus diiringi dengan pengubahan gaya hidup yang tepat. Kebanyakan orang gagal menjalani diet karena mereka tidak menyertai diet dengan dua faktor penting: kualitas tidur malam yang baik dan latihan fisik secara teratur.

4. Tidak ada dukungan moral
Dukungan moral sangatlah penting dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Sebab diet merupakan proses serius dan sulit yang melibatkan banyak penentuan dan kekuatan kemauan. Saat seseorang hampir putus asa dengan upaya dietnya, pada saaat itulah mereka membutuhkan dukungan dan motivasi dari orang di sekitar.

5. Kurangnya ambisi
Kebanyakan orang yang menjalani diet cepat berputus asa. Biasanya mereka yang berputus asa karena tidak punya motivasi kuat sejak awal.

6. Metabolisme lambat
Banyak orang mengabaikan masalah metabolisme. Tapi, hal ini bisa sangat mengganggu orang yang sedang melakukan diet. Jika Anda menjalani diet dibarengi dengan latihan fisik, maka berat badan bisa berkurang. Metabolisme lambat berarti lambat pula turunnya berat badan.

7. Kurang nutrisi
Diet memang harus mengurangi kalori, tapi tak baerarti mengurangi nutrisi, vitamin, mineral dan asam amino yang berperan aktif dalam kesehatan. Jika Anda tidak memberi asupan yang tepat pada tubuh, maka Anda akan kelaparan dan malah makan berlebihan.

Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

5 makanan sehat saat buka puasaMakanan Sehat Untuk Buka Puasa- Berbagai variasi hidangan disediakan saat berbuka. Makanan-makanan itu memang menggiurkan namun belum tentu sehat. Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Perut adalah rumah segala penyakit dan penjagaan atas makanan adalah awal pengobatan. Permulaan segala penyakit adalah mengisi perut dengan berlebihan.”

Umat muslim, saat berpuasa memang di wajibkan untuk menahan lapar dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Namun mengurangi porsi makan saat berpuasa bukan berarti harus mengurangi kualitas makanan. Saat berbuka puasa, pastikan anda memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh kita dengan baik. Berikut ini lima makanan yang di sarankan Unmaclinic.com untuk memenuhi kebutuhan nutrisi  saat brbuka puasa :

1 Kurma

Bulan pusa tampa mengkonsumsi kurma memang rasanya ada yang kurang, selain itu kurma sangat baik untuk buka puasa krena kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa, serta kandungan kalium yang sangat tinggi (hampir 64% lebih banyak dari pisang). Tak hanya itu, kurma juga mengandung beta-D-glukan, serat larut yang sangat bagus untuk kesehatan. Bagi Anda yang sedang berdiet, kurma akan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga Anda tak perlu khawatir akan makan berlebihan.

2. Madu asli

Madu mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga bisa menjadi sumber energi dan anti bakteri. Tes oRAC menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan anti oksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1 – 2 sendok makan setiap hari saat berbuka dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa.

3. Ikan

Makan ikan secara teratur akan memberikan efek positif pada kesehatan. Minyak ikan EPA dan DHA terbukti mampu memperbaiki fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi peradangan. Beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, ikan cod, dan ikan nila.

4. Buah ara

Buah ara mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Buah ara juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan. Sebagai makanan alkali, buah ara juga bisa menyeimbangkan pH tubuh yang asam.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung omega 9 dan asam lemak oleat. Minyak zaitun telah terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun juga kaya anti oksidan. Saat memasak untuk berbuka sangat baik jika Anda menggunakan minyak ini.

Itulah makanan-makanan sehat untuk buka puasa, selalu memilih makanan sehat untuk berpusa agar dapat membatu kita dalam menjaga kesehatan saat berpuasa.

Makanan sehat saat berpuasa

Memilih makanan sehat saat berpuasa

Bulan puasa sebentar lagi anda suka Merasa lelah dan cepat lapar di bulan puasa? Coba perhatikan menu sahur Anda. Bisa jadi salah satu jenis makanan yang Anda makan justru membuat Anda merasakan lapar lebih cepat. Selain makanan, minuman juga bisa membuat Anda dehidrasi sebelum waktu berbuka.

makanan sehat saat berpuasaMasalah kesehatan pada manusia biasanya timbul karena faktor makanan yang tidak tepat, kurang tidur, dan pikiran. Faktor makanan yang tidak tepat dan cenderung berlebihan justru yang paling sering ditemui. Apalagi di bulan puasa , saat waktu makan hanya dua kali saat sahur dan berbuka pemilihan makanan harus lebih cermat agar tubuh tetap ternutrisi.

Nutrisi saat berpuasa yang diperlukan oleh tubuh sangat beragam. Karena tidak ada satu jenis makanan saja yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi itu. Perlu lebih cermat memilih jenis makanan khususnya di bulan puasa . Meskipun makan sahur disunahkan, tapi sebaiknya jangan sampai dilewatkan. Makan sahur dapat memberikan energi untuk Anda selama seharian penuh.

Makan sahur juga menjaga metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal. Selama puasa, makanlah makanan yang termasuk ‘karbohidrat kompleks’ seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan dicerna lebih lambat.

Selain makanan ‘karbohidrat kompleks’, makanan dengan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi. Agar Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit selama bulan puasa. Sayuran hijau serta buah-buahan adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya serat, tapi vitamin dan mineral juga tercukupi.

Selama berpuasa, baik sahur dan berbuka hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan. Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Teh dan kopi yang bersifat diuretic (menyebabkan buang air kecil terus menerus) sebaiknya dihindari selama puasa agar tidak dehidrasi. Buah yang bisa Anda nikmati selama puasa adalah pisang karena tinggi potassium, magnesium, dan karbohidrat.

Untuk berbuka, cobalah konsumsi kurma sebanyak 3 butir. Kurma merupakan sumber gula, serat, kalium karbohidrat, dan magnesium dan telah direkomendasikan sejak zaman Nabi Muhammad (saw) sebagai cara yang baik untuk berbuka puasa, karena Kurma mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Kalau sudah tahu jenis-jenis makanan yang sebaiknya dimakan saat puasa, maka rasa lapar lelah yang mendera saat berpuasa bisa terhindarkan.

Panduan Diet Sehat & Langsung Berhasil

panduan diet sehat Masalah obesitas memang sangat mengganggu, sehingga banyak orang rela melakukan diet ketat. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang berhenti di tengah jalan karena berbagai alasan. Tapi sebenarnya, bagaimana melakukan diet yang sehat?

Memiliki badan ideal memang impian setiap orang. Hanya saja, tidak sedikit dari mereka kuat melakukan diet. Mereka beralasan mudah tergoda mencicipi makanan enak. Padahal sebenarnya, kunci sukses diet itu adalah motivasi dalam diri.

 Buatlah janji pada Anda sendiri

Hal ini memang bagian yang sangat sulit, namun jika bisa melewatinya, maka Anda mudah dalam menjalani diet. Pasalnya, hal ini terkait komitmen Anda mengejar target yang diinginkan.

Banyak kasus seseorang tidak bisa menahan pola makannnya jika diajak pergi ke pernikahan teman atau berkumpul saat liburan. Jika ingin diet berhasil, mulai sekarang berani menolak mengonsumsi makanan berlebihan yang bisa mengganggu program diet Anda. Upayakanlah jangan melakukan hal yang sebenarnya menjauhkan dari goal diet Anda.

 Sediakan playlist lagu rock

Hasil penelitian dari North American Association for the Study of Obesity, baru-baru ini menjelaskan, seseorang yang mendengarkan lagu rock saat melakukan olahraga lebih banyak mengeluarkan kalori. Alasannya, setiap nada yang keluar akan memotivasi Anda untuk terus bergerak dan semangat. Misalnya saat melakukan pemanasan, bunyi kecepatan detak jantung Anda sekira 150 bpm. Putarlah lagu Mr. Brighside dari The killers atau bisa disesuaikan dengan selera lagu rock Anda.

 Bergabung ke kelas aerobik atau sejenisnya

Mempunyai teman seperjuangan adalah hal yang menyenangkan, karena merasa tidak sendirian. Sehingga proses perjuangan ini terasa lebih mudah dan terus stabil saat melakukan diet. Namun jangan terjebak dengan keadaan lingkungan, Anda harus yakin bahwa olahraga untuk Anda sendiri. Banyak kasus seseorang kerap olahraga di suatu tempat tiba-tiba berhenti karena mengetahui teman olahraga tidak melakukannya lagi.

 Buatlah grafik kemajuan Anda sendiri

Jangan pernah mengecek berat badan saat pagi hari. Pasalnya menurut Annals of Behavior Medicine, orang yang sering melakukan pengecekan berat badan setiap pagi, seringkali gagal dalam program dietnya. Sementara akan lebih baik jika Anda membuat grafik kemajuan penurunan berat badan dengan capaian penurunan berat badan yang Anda tentukan selama ini. Tetaplah capai target dan terus semangat.