Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

5 makanan sehat saat buka puasaMakanan Sehat Untuk Buka Puasa- Berbagai variasi hidangan disediakan saat berbuka. Makanan-makanan itu memang menggiurkan namun belum tentu sehat. Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Perut adalah rumah segala penyakit dan penjagaan atas makanan adalah awal pengobatan. Permulaan segala penyakit adalah mengisi perut dengan berlebihan.”

Umat muslim, saat berpuasa memang di wajibkan untuk menahan lapar dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Namun mengurangi porsi makan saat berpuasa bukan berarti harus mengurangi kualitas makanan. Saat berbuka puasa, pastikan anda memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh kita dengan baik. Berikut ini lima makanan yang di sarankan Unmaclinic.com untuk memenuhi kebutuhan nutrisi  saat brbuka puasa :

1 Kurma

Bulan pusa tampa mengkonsumsi kurma memang rasanya ada yang kurang, selain itu kurma sangat baik untuk buka puasa krena kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa, serta kandungan kalium yang sangat tinggi (hampir 64% lebih banyak dari pisang). Tak hanya itu, kurma juga mengandung beta-D-glukan, serat larut yang sangat bagus untuk kesehatan. Bagi Anda yang sedang berdiet, kurma akan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga Anda tak perlu khawatir akan makan berlebihan.

2. Madu asli

Madu mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga bisa menjadi sumber energi dan anti bakteri. Tes oRAC menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan anti oksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1 – 2 sendok makan setiap hari saat berbuka dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa.

3. Ikan

Makan ikan secara teratur akan memberikan efek positif pada kesehatan. Minyak ikan EPA dan DHA terbukti mampu memperbaiki fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi peradangan. Beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, ikan cod, dan ikan nila.

4. Buah ara

Buah ara mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Buah ara juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan. Sebagai makanan alkali, buah ara juga bisa menyeimbangkan pH tubuh yang asam.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung omega 9 dan asam lemak oleat. Minyak zaitun telah terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun juga kaya anti oksidan. Saat memasak untuk berbuka sangat baik jika Anda menggunakan minyak ini.

Itulah makanan-makanan sehat untuk buka puasa, selalu memilih makanan sehat untuk berpusa agar dapat membatu kita dalam menjaga kesehatan saat berpuasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s