Tips Sehat Berbuka Puasa

tips sehat berbuka puasa Bulan puasa sebentar lagi memilih menu makanan yang tepat saat berbuka  puasa sangat penting untuk menjaga tubuh tetap kuat dan sehat. masih ada sebagian orang yang lebih memilih junk food untuk menu berbuka, bahkan ada yang rakus untuk memenuhi perut dengan berbagai jenis hidangan sebagai bentuk balas dendam karena seharian berpuasa. Perilaku pertama membahayakan tubuh bahkan kerugian yang ditimbulkan dari junk food lebih besar ketimbang manfaatnya. Sementara tindakan yang kedua juga menimbulkan kerusakan bagi jiwa dan raga

Oleh karena itu menjadi penting untuk memilih menu makanan yang tepat bagi tubuh dan memastikan bahwa kita tidak terjebak dalam over dosis makanan saat berbuka puasa.

Tips Sehat Berbuka saat Puasa

Berikut ini adalah tips sehat berbuka puasa seperti yang di lansir di productivemuslim.com. 

1) Berbukalah dengan Kurma dan segelas Air

Kurma adalah buah yang luar biasa, karena didalamnya terkandung konsentrat gula dan beragam jenis nutrisi. Namun yang paling terpenting dari mengkonsumsi kurma saat berbuka adalah dalam rangka meneladani perbuatan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.

Salman bin Amir Radhiallahu anhu bercerita bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda: jika salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada maka minumlah air putih karena air putih itu membersihkan. (HR At Tirmidzi)

2) Mengkonsumsi Makanan yang mengandung Karbohidrat Kompleks

Biji-bijian, sereal atau makanan yang serupa menyediakan kalori dan gula yang sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. Siapkanlah roti, sayuran dan daging untuk membuat roti isi yang mudah dihidangkan. Roti isi yang terdiri dari sayuran dan daging mengandung cukup nutrisi, beragam vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

3) Jangan berlebihan ketika berbuka,

Saluran pencernaan membutuhkan waktu untuk memproses makanan setelah mengalami kekurangan kalori akibat seharian penuh berpuasa. Oleh karena itu jangan berlebihan ketika berbuka. Berbuka puasa secara berlebihan dapat menyebabkan permasalahan lambung. Makanan dalam jumlah besar yang masuk secara tiba-tiba kedalam lambung akan memaksanya memproduksi beragam enzim dalam satu waktu sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu perlahanlah saat memakan dan kunyahlah makanan secara proporsional. Terlebih makan berlebihan tidak sesuai dengan adab islami

4) Meminum dan mengkonsumsi lebih banyak cairan

Minumlah air dengan jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air akan membantu ekskresi racun dan membantu pencernaan. Selain itu, jus buah segar adalah sumber gula, vitamin dan mineral. Anda juga dapat mengkonsumsi sup ayam atau semur, ini kaya protein, yang membantu dalam membangun jaringan atau massa otot dan mencegah tubuh dari mendapatkan kelelahan dengan mudah. Sup juga merupakan sumber nutrisi yang baik dan elektrolit yang membantu mencegah kelelahan dan dehidrasi.

5) Hindari makanan berminyak/gorengan

Makanan berminyak akan memakan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat Anda merasa kenyang, tapi sebenarnya tidak memberikan nutrisi yang cukup. Makanan-makanan tersebut bukanlah pilihan yang ideal untuk berbuka (atau secara umum). Meskipun demikian, kalau memang diharuskan, tidak mengapa memakannya sedikit saja ketika makan malam.

6) Segerakan berbuka

Ini bukan saran tentang menu berbuka Anda, tapi saran mengenai kapan Anda berbuka. Berbuka di waktu yang tepat adalah aspek penting dalam Ramadhan, karena menundanya tanpa keperluan, adalah tidak disarankan.

Sahl bin Sa’ad -radhiyallahu ‘anhu- meriwayatkan bahwa Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Orang-orang akan terus berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” [HR Al Bukhari dan Muslim]

7) Berbagi makanan untuk berbuka puasa

Anda bisa menambah pahala dengan menyediakan makanan berbuka bagi tetangga, dan muslim lain yang membutuhkan.
Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Siapa yang menyediakan makanan berbuka bagi orang lain, maka baginya pahala puasa orang yang diberikannnya makanan tersebut, tanpa mengurangi pahala orang itu sedikitpun. [HR At Tirmidzi]

Menjalankan puasa saat bulan Ramadhan akan memberi kita banyak kesempatan untuk mengendalikan diri, kedisiplinan hati dan jiwa, menjadikan kita semakin taat kepada Allah Ta’ala. Ini juga merupakan saat untuk menjaga dan mendisiplinkan tubuh kita. Pesan yang mau saya sampaikan dalam artikel ini supaya kita menghindari sifat rakus disaat berbuka puasa kerena rakus adalah perbuatan setan, dan memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang tepat dan asupan yang tepat pula untuk mencegah dehidrasi, kehausan, kelelahan, dan ketidaknyamanan setelah berpuasa seharian.

Demikianlah semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda selamat menjalankan puasa Ramadhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s